Jumat, 16 September 2011

Upload Website Menggunakan Hosting Gratis

Mendesain suatu website merupakan aktivitas biasa yang dapat dilakukan pada masa sekarang ini. Guna meyalurkan informasi baik itu berupa naskah maupun informasi kepada sesama agar bisa diakses lewat informasi teknologi berbasis internet. Agar informasi atau nasah tersebut bisa dibaca oleh teman-taman lain maka harus mempublishnya/meletakkan di server Hosting. Atau istilahnya kita meminjam tempat /space  penyimpan informasi pada hardisk yang berada di computer server  serta bisa melayani Web Hosting.  Ada banyak server hosting yang disediakn oleh profider tertentu namun juga membuthkan biayah yang sesia dengan space yang kita butuhkan. Namun ada layanan profider yang dapat menyediakan web hosting dengan gratis, salah satunya adalah  http://www.100webspace.com.

Sebetulnya ada banyak web hosting yang gratisan, namun biasanya tidak mendukung php sama mysql. Tapi untuk saat ini sudah banyak yang tahu tentang Hosting Gratisan yang mendukung PHP sama MySQL, barangkali ada yang belum tahu, semoga saja artikel ini bermanfaat. Bagi yang sudah tahu  saya minta maaf , dan tulisan ini untuk temen-teman dan sahabat-sahabat atau siapa saja yang membutuhkannya. Berikut ini langkah-langkah untuk memulai upload web :
  • Pertama anda mengetik  http://www.100webspace.com ke browser
  • Setelah masuk, kita daftar dulu. Kalo pingin yang gratis tentunya pilih yang Free Hosting. Klik Sign Up Now.
  • Selanjutnya kita harus mengisi formulir yang sudah disediakan, dengan benar.
  • Kalau semua udah benar, klick Order untuk memesan hosting. Setelah itu kita tunggu bentar…., jika berhasil,akan Password accountnya sudah dikirim ke email anda yang kita tulis waktu daftar.
  • Membuka email untuk mengecek password accaount yang telah dikirim. 
  • Nah sekarang anda melakukan login dengan menggunakan account yang sudah anda buat.
Akan ada  tampilan dari Control Panel milik 100 Web Space. Dengan Control Panel tersebut anda bisa memanage hosting anda, misalkan anda mau upload filenya. Atau bisa juga untuk mengatur FTP, domain, database, yang jelas ada bermacam-macam accesorisnya. Untuk mulai mengupload file yang sudah anda buat ke hosting, kita pilih :
  • File Manager. 
  • Setelah itu masuk ke folder www
  • Setelah itu masuk lagi ke folder bawahnya lagi sesuai account yang kita daftarkan.
  • Masukkan file-fila yang mau anda upload dengan cara klik tombol browse.
  • Setelah itu cari direktori filenya berada. Anda diharuskan untuk memasukkan filenya satu per satu. 
  • Untuk mulai mengupload, selanjutnya klik tombol Upload File untuk memulai Upload, jika ingin file yang diupload bersamaan lebih banyak lagi, maka anda bisa klik pada More Files.
Nah, jika file gambar yang udah berhasil diupload, berikutnya anda akan membuat database yang sesuai  keperluan anda. Setelah kita berada di halaman home.
  • Klik icon gambar hardisk yang ada tulisannya MySQL Database. 
  • Membuat database. Database yang kita buat mesti akan diawali dengan nama account anda, jadi
    anda harus menyesuaikan skrip yang sudah anda buat dengan kondisi yang ada di hosting. jika berhasil membuat database klik nama database yang kita buat untuk mulai memanage database yang kita buat, missal menambah table, mengisi record, dsb. Anda akan dibawa ke halaman phpMyAdmin 
  • Klik login untuk masuk, sekarang anda sudah siap untuk menambah tabel, bisa juga mengeksport tabel-tabelnya dari file teks. Tentukan nama file teks hasil backup dari database yang kita buat di komputer anda pada Location of the text file.
Akhirnya selesai juga prosesi upload yang kita lakukan. sudah bisakan mengupload hasil desain web anda. Nah, sekarang website anda sudah bisa diakses lewat internet  dengan alamat URL yang telah anda buat… Tapi sudah cukup dulu iya… sudah capek nih…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar